About

Pencahayaan Untuk Akuarium Laut



Pencahayaan Pada Akuarium Laut Anda.


Pencahayaan yang tepat untuk akuarium laut adalah salah satu topik hangat yang diperdebatkan dalam hobi. Ada banyak pendapat tetapi belum ada sistem pencahayaan yang sempurna untuk akuarium  laut Anda. Namun, ada banyak pilihan dan semua pilihan ini bisa membuat pemula atau bahkan pemain lama bingung.
Pencahayaan yang tepat sangat penting untuk kesehatan dan vitalitas jangka panjang dari akuarium terumbu karang Anda karena kebanyakan hewan Anda ingin menyimpan beberapa komponen fotosintesis dan bergantung pada pencahayaan yang tepat untuk kebutuhan nutrisi mereka.

Semoga pengantar berikut ini akan membantu Anda menentukan pencahayaan terbaik untuk akuarium terumbu karang Anda.


Mencari saran :

Pencahayaan adalah salah satu komponen sistem yang paling mahal dan saya sangat menyarankan agar Anda banyak banyak membaca serta mencari informasi tentang pencahayaan pada Reefers yang sudah berpengalaman, atau berdiskusi pada forum komunitas komunitas pecinta air laut.
Jawaban jawaban yang Anda dapat mungkin belum tentu menjadi solusi untuk diaplikasikan pada akuarium anda, namun anda bisa belajar banyak mengenai kebutuhan pencahayaan akuarium Anda.


Jenis Dasar Pencahayaan :

Ada tiga tipe pencahayaan dasar yang digunakan untuk akuarium dengan karang dan koral, yaitu :
*Lampu neon
*Lampu halida logam
*LED

Kebanyakan Reefers biasanya menggunakan lampu fluoresen atau kombinasi lampu halida dan lampu neon untuk menerangi tank mereka.
Namun, pencahayaan LED juga bisa dijadikan pilihan yang tepat. Masing masing punya kelebihan dan kekurangan.

*Lampu neon panjang dan menghasilkan pencahayaan yang lebih merata.
*Lampu halida logam akan menghasilkan sumber penerangan titik demi titik.
*LED adalah yang paling unik dan biasanya terdiri dari banyak mata lampu.


Reflektor :

Reflektor adalah kunci utama untuk mendapatkan penerangan yang maksimal yang dihasilkan dari semua jenis lampu yang akan Anda gunakan.
Dengan reflektor metalik (Aluminium) yang melengkung jauh lebih baik karna dapat memantulkan cahaya lebih banyak ke dalam akuarium Anda dibanding jenis reflektor lainnya.

Perawatan pada lampu dan reflektor harus dibersihkan rutin dari kotoran dan kristal garam yang menguap agar lampu terasa maksimal fungsinya.
Peletakan lampu biasanya 15 - 20cm diatas permukaan air.
Lampu fluoresen harus diganti setiap 6 bulan dan lampu halida logam umumnya harus diganti setiap 12 bulan sekali.

Lampu akan menghasilkan cahaya untuk periode yang jauh lebih lama namun pergeseran spektrum dan intensitasnya berkurang perlahan dari waktu ke waktu.
Perlahan lahan Karang akan menyesuaikan perubahan pada lampu dari waktu ke waktu dan jika kemudian Anda mengganti lampu secara tiba-tiba, lalu karang terkena cahaya yang jauh lebih kuat maka cahaya tersebut bisa menjadi dampak negatif. Melakukan perawatan pada lampu akan mengurangi dampak resiko ini.


Spektrum - Warna Cahaya

Terumbu karang akan terlihat cantik jika diterangi dengan cahaya yang lebih banyak warna birunya. Jadi, saya menyarankan agar lebih banyak menggunakan cahaya biru untuk akuarium laut Anda.

Warna terang yang dihasilkan sebuah lampu diukur dalam derajat Kelvin, disingkat K.
Kelvin tidak berpengaruh dengan intensitas cahaya secara langsung, jumlah K yang lebih tinggi belum tentu memiliki intensitas cahaya yang lebih tinggi, misalnya lampu 20.000 K tidak lebih kuat dari pada lampu 10.000 k.
Banyak yang merasa bingung pada perhitungan intensitas cahaya ini.
Setiap lampu memiliki jumlah K yang berbeda beda dan jumlah K berhubungan dengan warna lampu tersebut, semakin rendah jumlah K maka akan menghasilkan warna cahaya merah-kuning dan semakin tinggi jumlah K maka akan menghasilkan cahaya yang berwarna biru.
Misalnya, lampu 6500K akan lebih berwarna kuning dibandingkan dengan lampu 20.000K yang berwarna lebih biru.
Kesimpulannya, intensitas cahaya akan semakin menurut apabila jumlah K meningkat.
jadi, lampu 6500K akan menghasilkan cahaya lebih terang daripada lampu 10.000K dan akan menghaslkan cahaya yang lebih dari lampu 20.000K meskipun berada pada tegangan Watt yang sama.


Berapa Banyak Jumlah Watt Cahaya yang Anda Butuhkan?

Berdasarkan jenis dan warna pencahayaan terbaik yang akan digunakan, saat ini masih diperdebatkan pada forum forum dan komunitas pecinta akuarium laut dan tidak ada panduan yang bisa dijadikan dasar dan digunakan untuk seorang pemula.
Sekali lagi, jika Anda bertanya kepada Reefers sukses, pasti Anda akan mendapatkan banyak jawaban berbeda tentang seberapa banyak cahaya dibutuhkan untuk memelihara karang. Ini sangat berlaku pada jenis karang yang akan Anda pelihara. Karena kebanyakan karang yang dijual berasal dari perairan tropis dan sangat bergantung dengan cahaya matahari. Beberapa jenis karang mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan akuarium yang kita ciptakan.

Acropora dan berbagai jenis karang keras (SPS) lebih sulit beradaptasi dengan kondisi pencahayaan yang kurang dibandingkan dengan jenis karang lunak (LPS). Tidak sedikit Reefers yang lebih memilih merawat jenis karang lunak (LPS), karena lebih mudah perawatannya dan dapat tumbuh dengan baik dibawah lampu fluorescent biasa atau lampu neon yang dikombinasikan.

Daya lampu dan Ballast yang Anda gunakan akan sangan menentukan intensitas cahaya yang dihaslkan lampu. Kebanyakan para Reefers akan menikmati hasil yang memuaskan dengan menggunakan sekitar 8-10watt per galon pada tank. kebanyakan menggunakan tank yang dalam dari pada tank yang dangkal.
Dengan menggunakan cahaya yang lebih terang untuk tank Anda, Anda berpotensi memelihara berbagai jenis karang lebih banyak. Jenis lampu juga mempengaruhi kualitas karang yang anda rawat, jika Anda menggunakan lampu fluorescent biasa, Anda hanya bisa merawat beberapa jenis karang saja namun tak menjamin pertumbuhan dari karang tersebut, tapi jika Anda menggunakan lampu halida logam / LED yang dikombinasikan dengan lampu fluorescent, maka kemungkinan Anda dapat memaksimalkan hampir semua jenis karang lunak yan sehat dan berkembang.

Biaya sering menjadi faktor pembatas berapa banyak total cahaya yang bisa dimiliki untuk akuarium. Pencahayaan neon dan lampu halida logam kelas atas bisa sangat mahal harganya dan radiasi panas yang dipancarkan terhadap permukaan air akan sangat tinggi sehingga akan memaksa anda menggunakan pengontrol temperatur dan juga menggunakan pendingin (chiler).


Jenis Lampu Fluoresen :

*Output Normal Fluorescent (N.O.)
Lampu ini biasanya Anda lihat pada rumah rumah atau pada toko toko. Biasanya digunakan untuk jenis akuarium berkapasitas kecil seperti kurang dari 2 galon, dan dimanfaatkan untuk menjaga beberapa jenis karang saja, seperti Jamur dan beberapa jenis Zoanthids. mereka dapat berkembang cukup baik pada pencahayaan tingkat ini. Pencahayaan ini sangat tidak disarankan untuk karang yang memiliki kebutuhan cahaya tingkat tinggi.

*Power Compacts (PC)
Ini adalah jenis lampu fluorescent, biasanya dijual dengan harga yang relatif lebih murah. Banyak Reefers memilih jenis pencahayaan ini sebagai penerang akuarium laut mereka. Dengan memasang beberapa lampu jenis ini, Anda dapet merawat beberapa jenis karang lunak (LPS), namun tidak dianjurkan pada karang keras (SPS)

*Output High(H.O.)
Lampu dengan output tinggi akan memungkinkan Anda memelihara sebagian besar jenis terumbu karang jika anda menggunakan banyak lampu ini untuk tanki Anda. Lampu ini biasa disebut dengan T-5.
Jika anda mengkombinasikan dengan lampu berwarna biru, maka akan menghasilkan warna pada karang dan menjadikan mereka pemuas mata Anda. Beberapa Reefers bisa merawat karang bahkan merawat karang yang tersulit seperti Acropora dan jenis SPS lainnya dengan menggunakan lampu T5.
Lampu ini bentuknya tipis dan bisa dimodifikasi dengan rumah buatan sendiri sesuai keinginan Anda. Mereka memiliki kelebihan sendiri dibanding jenis pencahayaan yang lebih intens yang digunakan untuk karang SPS karena T5 tidak menghantarkan panas seperti pada lampu halida logam dengan watt yang tinggi. Seperti lampu fluorescent lainnya, Anda harus melakukan perawatan pada lampu ini atau anda bisa mengganti setiap 6 bulan sekali.
Reefers yang menggunakan T5 bisa dibilang lebih sukses dan ini bisa direkomendasikan kepada Reefers pemula dan juga Reefers tingkat lanjut. beberapa Reefers mengkombinasikan T5 dengan lampu halida logam.

*Very High Output (VHO)
Lampu flourescent VHO telah digunakan bertahun-tahun oleh banyak penggemar untuk menjaga semua jenis karang dengan sukses. Mereka biasanya dioperasikan dengan ballast elektronik dan tidak cenderung terlalu panas pada akuarium Anda sebagai lampu dengan daya yang sangat tinggi. Lampu ini sangat memaksimalkan warna cahaya pada karang dan tidak ada lampu yang bisa menghasilkan warna bercahaya pada karang seperti lampu Actinic VHO.

*LED
Lampu LED
LED (light emitting diodes) adalah jenis pencahayaan baru untuk akuarium. Dngan menggunakan listrik yang sangat rendah, pancaran panas yang sangat rendah, umur bohlam yang sangat panjang, dan membuat warna karang yang luar biasa terutama zoanthids, Acans, dan banyak karang lainnya yang menakjubkan dengan cahaya lampu LED. Hampir kebanyakan Reefers juga menggunakan LED karena sudah banyak dijual di pasaran bahkan anda bisa mencari lewat Online untuk detail dari LED tersebut. Saya juga menggunakan LED dan sangat menyukai efek dari cahaya yang dihasilkan pada karang. Sangat menakjubkan!.


Ringkasan

Ada banyak jenis lampu yang bisa Anda gunakan untuk akuarium terumbu karang Anda. Karena pencahayaan sangat penting bagi kesehatan biota yang Anda miliki dan karena biaya sebagian besar peralatan pencahayaan lebih tinggi, disarankan untuk mencari sebanyak mungkin informasi dan saran sebelum menentukan pencahayaan terbaik untuk tangki Anda.
Karang SPS membutuhkan pencahayaan yang paling tinggi sementara karang lunak dan LPS dapat beradaptasi dengan baik bahkan hanya dengan pencahayaan neon intensitas rendah.
Lampu neon aktinik harus digunakan bahkan dengan pencahayaan lampu halida logam untuk mendapatkan warna terbaik dari karang
Bila menggunakan pencahayaan dari lampu halida metal, Anda akan membutuhkan peralatan pendukung untuk mengatur suhu air agar tidak terlalu panas karena efek dari pencahayan lampu ini. Stabilitas suhu sangat penting untuk kesehatan terumbu karang dalam jangka panjang.
Lampu LED adalah jenis pencahayaan baru yang digunakan pada akurium dengan terumbu untuk mendapatkan hasil terbaik.

Seorang Reefers wajib melakukan perawatan bukan hanya kepada biota, tetapi juga pada semua peralatan yang digunakan pada Hobby ini. Terutama lampu harus tetap bersih dan diganti pada jadwal yang ditetapkan untuk mencegah reaksi yang merugikan dan untuk memaksimalkan pewarnaan pada karang.
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==