About

Beberapa jenis Koral yang mudah dipelihara

Karang Polip


Polip Cengkeh


Untuk jenis polip yang satu ini tidak membutuhkan parameter air yg cukup baik, dalam arti Polip Cengkeh bisa hidup dengan kondisi air yang tidak stabil. Coral ini sangat toleran dengan berbagai keadaan. Bisa hidup dalam keadaan cahaya rendah, medium atau tinggi.  Jenis coral ini cocok untuk pemula.


Karang Anemon/Anemon Cabang

Anemon karang atau lebih dikenal dengan karang anemon. Bentuknya membulat atau lonjong pada bagian dasarnya. Badannya dipenuhi puluhan jari-jari berwarna cokelat tua. Di ujung jari-jari terdapat bintik hitam yang menyerupai mata. Anemon ini menempel pada karang yang dibentuknya. Anemon karang memakan plankton yang melayang-layang di dalam air. Jika mati, karang ini membentuk karang yang keras. Anemon akan optimum hidup pada perairan yang memiliki intensitas cahaya matahari yang hangat dan nutrient yang melimpah, seperti pada ekosistem terumbu karang dimana pada ekosistem tersebut memiliki asupan nutrient yang banyak dan intensitas cahaya matahari yang tinggi.



Karang Kuku

Karang kuku butuh arus yang rendah sampai arus sedang, dan pencahayaan sedang hingga pencahayaan yang tinggi. Karang kuku yang sehat akan memanjangkan tentakelnya tapi akan sangat berbahaya bagi koral yang berada disekitarnya.



Karang Cendol

Jenis terumbu ini adalah jenis untuk tingkat pemula karena mudah perawatannya. Menyukai cahaya sedang dan aliran air yang rendah sampai menengah, karang ini dapat memperpanjang tentakel yang memiliki sengatan. Tentakel ini bisa mencapai 5 hingga 15cm jika merasa terancam oleh karang tetangga. Penempatan bisa berada di pasir atau liverock.



Karang Babut




Karang jenis ini juga mudah dipelihara, dengan bentuk yang unik seperti Karang Anemon hanya saja karang ini memiliki mata lebih banyak. Saat mengembang akan tampak seperti pohon yang rimbun, sangat memuaskan mata penghobi.




Note :

Meskipun jenis jenis karang diatas terlihat mudah untuk dipelihara, penting juga untuk memastikan parameter air, pencahayaan, dan juga suhu air. Agar reefers tidak mensia-siakan karang yang reefers miliki.

Sebaiknya tujuan dari reefers memelihara biota laut agar dapat lebih menyayangi terumbu karang dan dapat melestarikan mereka.

Salam air asin.
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==