About

Bahaya Bristle worm dan Cara Mengatasinya.


Sumber Google.com


Bristle Worm (atau cacing bulu) adalah cacing yang memiliki ruas-ruas dengan bulu kasar yang membentang pada setiap ruas tubuhnya. Panjang tubuh mereka bervariasi mulai dari 1cm hingga pada kasus terbesar ia ditemukan sampai lebih dari 1 meter di dalam tank. sangat berbahaya sekali !


Sumber Reef Builder.



Bristle worm biasanya tinggal pada celah celah batu karang atau Liverock dengan cara melubangi untuk tempat tinggal mereka. Anda mungkin jarang melihat mereka berada pada dalam tank anda, karena mereka adalah makhluk Nocturnal atau biasa mencari makan pada malam hari atau saat lampu akuarium anda dimatikan.


Cara mendeteksi dan menyingkirkan Bristle Worm pada tank anda :
Bristle worm dapat berkembang biak dengan cepat, mereka akan memakan koral bahkan mereka dapat memakan ikan ikan anda pada saat mereka tidur atau beristirahat dekat karang yg terdapat cacing ini didalamnya.
beberapa dari jenis Bristle worm adah pengurai yang baik namun kebanyakan dari mereka adalah Pembunuh dan merusak parameter air laut.
Jika anda merasa adanya cacing ini pada tank anda, anda harus memancing mereka keluar dengan cara mematikan lampu dan menunggu mereka keluar dari sarangnya. Sangat tidak disarankan untuk menyentuh atau memegang langsung cacing ini dengan tangan kosong karena bulu bulu kasar mereka dapat menyebabkan iritasi dan gatal yang sangat parah.
Sebaiknya gunakan pelindung atau pinset untuk mengeluakan mereka dari tank.

Bila anda tidak sabar menunggu mereka keluar dari sarangnya, maka anda harus mencari mereka dengan cara mengangkat liverock anda. namun hal ini dapat membuat tank anda berantakan tapi cara ini yang paling ampuh.
dengan mengangkat liverock lalu rendam liverock tersebut ke dalam air tawar selama 15 menit, maka anda akan melihat hama ini keluar dari sarangnya, bahkan bukan hanya cacing ini yang bisa anda temukan, pengalaman saya menemukan kepiting kecil yang juga merusak karang ikut keluar.

tips mengurangi resiko bristle worm.
periksalah liverock yang baru anda beli sebelum memasukan kedalam tank, menggunakan cara diatas agar koral dan ikan kesayangan anda dapat hidup dengan umur yang panjang.
jika sudah terlanjur, ada beberapa jenis ikan yang suka memakan cacing ini secara alami namun tidak toleran terhadap krustasea seperti udang udangan. Setelah memakan cacing ini sebaiknya si ikan harus dipindahkan.


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==